DOSEN BSA STIABI MENJADI PRESENTER DI KONFERENSI INTERNASIONAL BAHASA ARAB (ICAL-2018)

24/11/2018 | 282 kali | Berita

 

DOSEN BSA STIABI MENJADI PRESENTER DI KONFERENSI INTERNASIONAL BAHASA ARAB (ICAL-2018)Konferensi Internasional Bahasa Arab (ICAL 2018) diselenggarakan pada tanggal 20-21 November di Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Kali ini salah satu Dosen Program Studi Bahasa dan Sastra Arab STIABI Riyadlul ‘Ulum Ustadz Agus Riyadi, S.Pd.I, M.Pd. berkontribusi menjadi presenter atau pemakalah. Seminar internasional ini bertujuan untuk ikut serta mendorong kreatifitas dan inovasi pembelajaran bahasa Arab dan agama Islam serta untuk memberikan wadah bagi pertemuan ilmiah akademik dalam bidang agama Islam, bahasa Arab, dan pengajarannya maka Departemen Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bermaksud menyelenggarakan Seminar Interasional 2018,.

 Tujuan utama ICAL adalah Mendiskusikan berbagai permasalahan pembelajaran bahasa Arab & sastra, agama Islam, dan budaya Arab-Islam serta menemukan solusi atas berbagai problematika yang dihadapi. Mendiskusikan aspek-aspek nilai dalam pembelajaran bahasa & sastra Arab dan agama Islam serta budaya arab - Islam. Menemukan kreativitas dan inovasi yang berkaitan dengan metode, media, bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab & sastra dan agama Islam serta budaya arab - islam.

Adapun Konferensi Internasional ini dihadiri oleh Para Ahli Bahasa dan Sastra Arab dalam dan luar negeri diantaranya; Pertama, Prof. Dr. Didi Sukyadi, S.Pd., M.A. (Universitas Pendidikan Indonesia) Kedua, Prof. Dr. Syihabuddin, M.Pd. (UIN Bandung) Ketiga, Dr. Faris Awwadh (Markaz Lughah Hadits - Yordania) Keempat, Dr. Ismaiel Hassanaen Ahmed Mohamed, M.A. (Internasional Islamic University Malaysia) Kelima, Dr. H. Aam Abdussalam, M.Pd. (Universitas Pendidikan Indonesia).

Tema konferensi tahun ini dibagi menjadi beberapa cluster adalah sebagai berikut:

1. Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran Bahasa & Sastra Arab.

2. Kurikulum Pembelajaran Terpadu Bahasa Arab dan Agama Islam.

3. Metode, Model, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Problematika, Bahan Ajar, Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab dan Agama Islam.

4. Kreativitas dalam Teknik Pembelajaran Bahasa Arab dan Agama Islam.

5. Kajian Sastra Arab dan Alquran6. Kajian Linguistik Bahasa Arab dan Alquran7. Budaya Arab8. Nilai-nilai Agama, Sosiologi, dan Antropologi


Share: