Sakralitas Ujian di Condong, Tingkatkan Kejujuran Mahasiswa

09/10/2019 | 56 kali | Berita

 

Pendidikan di STIABI Riyadlul ‘Ulum menjadi perhatian utama dikalangan pendidikan berbasis pesantren. Hal ini bertujuan untuk menciptakan manusia yang cerdas secara intelektual, khususnya di bidang akademis. Untuk mencapai tujuan tersebut, STIABI Riyadlul ‘Ulum memiliki banyak program yang harus dijalani oleh seluruh mahasiswa. Salah satunya adalah Ujian Tengah Semester.

Ujian Tengah Semester (UTS) di STIABI Riyadlul ‘Ulum merupakan program institusi yang wajib dilalui oleh mahasiswa. Ujian ini berfungsi sebagai langkah untuk mengetahui peningkatan ilmu pengetahuan mahasiswa. Selain itu, ujian ini juga sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa. Yang mana hal ini akan menjadi bahan evaluasi untuk menentukan program kegiatan yang selanjutnya. Kegiatan Ujian Tengah Semester kali ini berlangsung mulai tanggal 14-19 September 2019 atau 14-19 Muharram 1441.

Sakralitas ujian menjadi ciri khas di Perguruan Pesantren ini. Bertujuan untuk meningkatkan kejujuran mahasiswa dalam menjawab pertanyaan ujian. Tidak ada istilah nyontek dalam pelaksanaanya karena sejatinya Mahasiswa diuji bukan sekedar untuk bias menjawab pertanyaan dari dosen, jauh lebih penting daripada itu ujian untuk belajar, bukan belajar untuk ujian.

Secara umum pelaksanaan ujian tengah semester berjalan dengan sacral dan sangat lancar. Hal itu terlihat dari antusias mahasiswa yang selalu memperhatikan nasehat dari para dosen saat pembukaan. Selain itu, mahasiswa juga terlihat serius dalam menghadapi ujian ini. Mereka semua mempersiapkan diri dengan maksimal dalam belajar. (AKA)

 


Share: