Sinergi Penelitian Dosen dan Mahasiswa BSA, Ikuti Konferensi Nasional Bahasa Arab di UM

08/10/2019 | 196 kali | Berita

 

Dalam rangka mengembangkan pembelajaran Bahasa dan Sastra Arab secara modern, maka Prodi BSA STIABI Riyadlul `Ulum mengadakan program penelitian dalam bidang pembelajaran dan pengembangan Bahasa dan Sastra Arab. Program ini diadakan agar mahasiswa dan dosen dapat menumbuh-kembangkan kreativitas dan kemampuan tulis menulis dalam penelitian ilmiah.


Sebagai bentuk laporan hasil penelitian tersebut, pada Sabtu 5 Oktober 2019, Progam Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) STIABI Riyadlul `Ulum mendelegasikan tiga kelompok tim peneliti untuk mempresentasikan hasil penelitiannya ke Konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA) ke-5 di Universitas Negeri Malang di bawah bimbingan ketua prodi. Peneliti pertama yang diwakili oleh Ust. Agus Riyadi, M.Pd dan Ust. Ricky Wirakanda, S.Pd dengan mempresentasikan judul penelitan;


 فعالية استخدام بطاقة دومنو بريل لتنمية كفاءة الطلبة   المكفوفين فى حفظ المفردات


Kemudian Tim peneliti kedua, yang diwakili oleh Ust. Rahmat Mulya Nugraha, M.Pd. dan Syamsul Bahri yang mempresentasikan penelitian dengan judul;


” تطوير المواد التعليمية لدرس الإملاء للفصل الأول بكلية المعلمين الإسلامية معهد رياض العلوم والدعوة تثوندونج للتربية الإسلامية"


Tim ketiga, yang diwakili oleh Iqbal Maolidan dan Salam Muttakin dengan mempresentasikan judul penelitian;


"تأثير تعليم المفردات الصباحية نحو كفاءة الطلاب في نطق اللغة العربية"


Konferensi ini dibuka oleh Dr. Ahmad Fuad Effendi salah satu pendiri IMLA (Ittihadu Mu’allimii al-Lughati al-Arabiyah). Sedangkan pembicara utama (Keynote Speaker) dalam konferensi ini ialah Assc. Prof. Dr. Zawawi bin Ismail (Wakil Dekan Fakulti Pendidikan Universiti Malaya) Prof. Dr. Miassar Al-Makki (Wakil Rektor Universitas Islam Minesota Turki) Prof. Drs. Muhaiban (Guru Besar Jurusan Sastra Arab FS UM) dengan tema “Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia abad 21”. Konferensi ini juga banyak dihadiri oleh dosen-dosen dari berbagai universitas di Indonesia.


Singkatnya, harapan yg bisa diambil dari kegiatan ini semoga dapat dijadikan wadah pengembangan kemampuan bagi dosen dan mahasiswa BSA dalam melaksanakan penelitian secara aktif, sekaligus menjadi  motivasi bagi pencinta bahasa arab untuk mengembangkan pembelajran bahasa dan sastra Arab modern dan menjawab problematika pembelajaran bahasa Arab yang ada di Indonesia. (Azam)

 


Share: